Penyebab & Cara Mengatasi Mesin Diesel Masuk Angin

Posted on

Penyebab & Cara Mengatasi Mesin Diesel Masuk Angin “Wajib Baca”

Mesin Diesel Masuk Angin – Dalam hal ini kendaraan bermotor umumnya menggunakan mesin yang berbahan bakar bensin, akan tetapi mesin bensin kurang cocok untuk kendaraan yang berbobot besar serta kurang ekonomis. Alhasil ditemukanlah mesin dengan bahan bakar solar. Masalah yang sering menimpa mesin diesel yaitu saat mesin susdah dihidupkan yang disebabkan masuk angin. Lantas mengapa mesin bisa masuk angin dan bagaimana solusinya ?? kalau begitu simak penyebab dan cara mengatasi mesin diesel masuk angin berikut ini.

Masuk angin dalam hal ini merupakan sebuah masalah yang menimpa mesin diesel yang dimana disebabkan adanya sejumlah udara didalam sistem bahan bakar. Sistem bahan bakar diesel yang menggunakan solar berbeda dengan mesin berbahan bakar bensin. Hal ini dikarenakan bedanya karakter kedua fuel itu.

Dan bensin sendiri merupakan bahan bakar yang memiliki nilai oktane “oktana”, nilai oktan pada bensin menunjukan kemampuan bahan bakar itu saat dilakukan pembakaran. Dan sementara solar yang menggunakan Cetanne, memiliki karakter yang berbeda dengan bensin. Nilai cetane menunjukan seberapa kuat solar menerima tekanan.

Hal ini tercermin pada sistem pengapian kedua mesin ini, dimana bensin harus memerlukan rangkaian busi untuk melakukan pembakaran sementara diesel akan melakukan self burning atau pembakaran otomatis saat solar disemburkan di akhir langkah kompresi.

Karena hal ini, sistem bahan bakar diesel dirancang agar mampu menyemprotkan sejumlah solar dalam bentuk kabutan saat kondisi tekanan kompresi pada puncaknya. Untuk membuat solar bisa berlaku demikian, diesel fuel system menganut high pressured pump yang bisa menekan solar ke injektor sampai 20.000 Kg/Cm2. Solar bertekanan ini akan diolah menjadi kabutan oleh injektor yang dirancang khusus.

Saat ada udara baik dalam volume kecil maupun besar terjebak didalam saluran solar, maka tekanan bahan bakar jadi tidak stabil karena saat pompa menekan solar, tekanan tersebut diserap oleh udara yang bersifat bisa dikompresi. Akhirnya solar tidak mampu keluar dari injektor. Sekarang masalahnya mengapa udara bisa masuk kedalam sistem bahan bakar..?? inilah yang akan kita bahas berikut ini.

Penyebab Diesel Masuk Angin

Secara umum ketika sebuah sistem memiliki komponen seperti penyekat dengan udara luar maka bisa berpotensi terbuka, sehingga masuknya udara ke sistem bisa terjadi. Pada mesin diesel udara bisa masuk melalui beberapa komponen berikut ini.

Udara Masuk Lewat Saluran Tangki Karena Kahabisan Solar

Penyebab pertama terjadi saat kondisi tangki BBM kosong atau posisinya sedikit. Hal ini wajar terjadi saat tidak ada lagi pasokan didalam tangki, udara akan masuk dengan mudah dan bukan hanya sedikit namun dalam volume banyak. Hasilnya saat kalian melakukan pengisian solar, mesin tetap akan sulit dihidupkan.

Karena letak masalahnya belum teratasi yakni udara yang masuk ke sistem tadi. Maka proses start mesin akan sangat sulit, saat ini terjadi jangan memaksakan untuk terus distart karena bisa menghabiskan voltage baterai.

Penggantian Filter Solar

Filter solar juga masuk kedalam internal fuel suply, yang berposisi ditengah-tengah antara pompa injeksi dan tangki BBM. Saat kalian melakukan penggantian filter, otomatis kita harus membuka saluran in dan out solar. Saat inilah sistem bahan bakar terputus dan menyebabkan udara masuk.

Selain itu jika mobil kalian menggunakan sistem filter yang bisa diambil langsung tanpa harus membuka selang juga bisa masuk angin. Saat kalian melepas element filter, maka akan ada tumpahan solar didalam filter. Saat kalian memasang filter baru, maka ruang itu kosong. Sebenarnya ruang itu tidak kosong karena ada sejumlah udara didalam filter dan saat mesin dihidupkan, udara itu akan terjebak didalam sistem fuel.

Pelepasan Komponen Injektor ( Selang Bahan Bakar )

Selain dari solar, injektor sendiri sebagai ujung tombak sistem bahan bakar diesel sangat berpotensi menyebabkan masuk angin. Sama kejadiannya, saat ada error dibagian injektor otomatis kita perlu membukanya untuk melakukan perbaikan. Saat proses pelepasan injektor maka udara bisa masuk kedalam selang dan ketika injektor dipasang kembali maka udara tersebut akan terjebak.

Solusi dari masalah diesel masuk angin yakni dengan melakukan proses bleeding. Apa itu bleeding..?? skema ini dipelajari seperti pembuangan angin pada sistem rem hidrolik, dimana memiliki karakter yang sama dengan sistem bahan bakar diesel. Namun karena sistem bahan bakar tidak memiliki tuas seperti rem maka ada komponen khusus bernama primming pump yang terletak pada line sistem bahan bakar diesel.

Cara Mengatasi Mesin Diesel Yang Masuk Angin

Sebelumnya ada dua macam sistem bahan bakar diesel yakni diesel konvensional dan diesel common rail. Kedua sistem ini sama-sama menggunakan tekanan solar namun perbedaan terletak pada operasional injektor dimana pada sistem konvensional pembukaan injektor diatur oleh pompa injeksi sementara pada common rail sudah dikontrol secara elektrik. Teknik bleedingnya juga berbeda.

Pada Mesin Diesel Konvensional

Pada sistem konvensional yang masih dipakai pada mesin diesel bus dan truk, proses bleeding dilakukan dengan memompa primming pump untuk mengeluarkan udara dari sistem. Prinsipnya saat tekanan bahan bakar ditingkatkan maka udara akan dikompresi dan akan bergerak ke arah tekanan yang lebih kecil.

  1. Langkah awal kalian harus mengestimasi volume udara yang terjebak didalam sistem. Jika kondisinya cukup banyak seperti saat kehabisan solar maka langkah pertama yaitu cari baut bleeder dan buka baut itu hingga ada aliran solar keluar dari dalam lubang. Jika tidak ada kalian bisa mengendorkan salah satu injektor hingga solar keluar.
  2. Selanjutnya cari letak primming pump, biasanya lokasinya ada diatas saringan bahan bakar. Atau ada pula yang terletak di dekat pompa bahan bakar mekanis.
  3. Kalian cukup tekan dan pompa hingga ada aliran solar keluar dari dalam baut bleeder. Biasanya disertai dengan gelembung udara atau busa. Terus tekan hingga gelembung tersebut tidak lagi muncul.
  4. Saat selesai, tutup baut bleeder atau kencangkan injektor jika tidak dilengkapi baut bleeder.
  5. Langkah selanjutnya pompa kembali primming pump hingga terasa berat. Proses ini dilakukan untuk menggiring udara sisa agar bergerak ke ujung dalam hal ini injektor.
  6. Saat pompa telah keras, langsung hidupkan mesin. Mungkin diawal start akan sedikit lama namun biasanya saat proses start yang pertama mesin langsung hidup.

Jika mesin belum kunjung hidup, untuk itu lakukan langkah ini berulang-ulang sampai udara benar-benar keluar dari sistem. Kalian juga bisa memompa primming pump secara bersamaan saat proses starting, fungsinya untuk membantu kinerja pompa injeksi mendorong sisa udara yang masih terjebak.

Penyebab & Cara Mengatasi Mesin Diesel Masuk Angin

Pada Mesin Diesel Common Rail

Sistem bahan bakar common rail, sebenarnya sama saja dengan sistem diatas karena memang common rail itu pengembangan dari sistem sebelumnya. Namun kontrol injektor sudah diambil alih oleh ECU itulah sebabnya campuran solar jauh lebih ideal yang menyebabkan mesin diesel lebih efisien, tidak berisik dan ramah lingkungan.

Proses bleeding pada mesin common rail itu lebih mudah dibandingkan dengan sistem konvensional karena kita tidak perlu melakukan pemompaan, karena memang sampai kapanpun kalian tidak akan menemui primming pump pada mesin common rail. Langkahnya sebagai berikut:

  1. Pastikan seluruh saluran solar telah tersambung dengan kencang setelah itu jangan langsung menghidupkan mesin, tapi lakukan bleeding otomatis menggunakan kunci kontak.
  2. Caranya putar kunci kontak ke posisi On maka seluruh indikator didashboard menyala saat semua indicator mati putar kunci kontak ke posisi Off.
  3. Selanjutnya putar kembali kunci kontak ke posisi On sampai semua indikator menyala, saat semua indikator mati sama kembalikan, kembalikan kunci kontak ke posisi Off.
  4. Lakukan langkah ini sampai minimal 7 kali.
  5. Setelah selesai baru kalian bisa menghidupkan mesin diesel karena proses bleeding sudah selesai.

Memang pada mesin common rail proses bleeding hanya dilakukan lewat kunci kontak. Tapi sebenarnya komponen yang melakukan bleeding ialah electri fuel pump yang terletak didalam tangki BBM. Cara kerjanya, saat kunci kontak On pompa akan menyala dalam beberapa detik yang ditandai dengan indikator didashboard.

Hanya saja walau mesin diesel sudah bisa hidup, beberapa saat setelah dimatikan mesin diesel akan kembali susah hidup. Hal ini karena masih adanya sisa udara didalam sistem, sehingga saat tekanan drop udara kembali mengembang. Mesin diesel akan kembali normal saat sudah kita gunakan hingga beberapa jam.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab & Cara Mengatasi Mesin Diesel Masuk Angin semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,,terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: