Inilah Akibat Jika Tali Kipas Kendor & Tidak Segera Diganti Baru

Inilah Akibat Jika Tali Kipas Kendor & Tidak Segera Diganti Baru “Wajib Baca”

Inilah Akibat Jika Tali Kipas Kendor & Tidak Segera Diganti Baru – Dalam melakukan sebuah perawatan terhadap kendaraan khususnya roda 4 memang merupakan suatu kewajiban bagi si pemiliknya supaya mobil tersebut selalu terjaga keawetannya yang sehingga nyaman saat digunakan dan tidak menguras kantong jika sewaktu waktu terjadi kerusakan terutama pada bagian mesin mobil.

Dan selain melakukan penggantian oli kita pribadi juga wajib memeriksa beberapa fluida yang ada seperti minyak power steering, minyak rem, air radiator serta air wiper ataupun air aki bila ada salah satu yang berkurang alangkah sebaiknya dengan ditambahi lagi. Nah komponen lain  yang juga perlu diperhatikan ialah fanbelt atau tali kipas mobil yang sering kali mengalami kerusakan bila sudah berumur agak lama.

Kerusakan tali kipas biasanya ditandari dengan retak-retaknya bagian fanbelt, mengerasnya bagian pinggiran fanbelt dan juga sudah berkurangnya tingkat elastifitas dari fanbelt itu sendiri dan membuatnya menjadi semakin mengendor. Jika sudah seperti itu sebainya kalian langsung melakukan penggantian saja namun bila hanya kondisinya yang kendor entah akibat pulley penyetelnya kurang keras maka yang perlu kalian lakukan hanyalah melakukan penyetelan saja. Pulley penyetalan tali kipas tiap mobil berbeda ada yang memang khusus menggunakan salah satu roll bearing atau mengendorkan dudukan alternator, menyetel dan mengeraskan kembali.

Akibat Jika Tali Kipas Kendor & Tidak Segera Diganti Baru

Nah dibawah ini ialah beberapa hal yang bisa terjadi jika fanbelt mobil kendor dan tidak segera mungkin dilakukan perbaikan diantaranya ialah sebagai berikut:

Power Steering Kurang Maksimal

Powersteering menjadi kurang maksimal kinerjanya karena salah satu komponen yang berfungsi untuk menghubungkan antara putaran poros engkol dengan pulley powessteering tali kipas tadi. Karena tali kipasnya kendor maka kompressor powersteering tidak berputar dengan maksimal, sering los dan pada akhirnya akan berimbas pada putaran setir yang terasa berat.

Timbul Bunyi Di Area Mesin

Tali kipas yang sudah kendor biasanya akan mengeluarkan bunyi yang sangat mengganggu seperti bunyi menciciy yang memekakkan telinga dan tentu saja akan mengganggu konsentrasi kalian dalam berkendara timbulnya rasa was-was dihati kalau terjadi sesuatu yang mengerikan pada mobil dan lain sebagainya.

Inilah Akibat Jika Tali Kipas Kendor & Tidak Segera Diganti Baru

Tali Fanbelt Bisa Putus

Kendornya tali fanbelt yang tidak segera diperbaiki maka lama kelamaan akan menjadi semakin kendor. Nah karena kondisinya yang sudah sangat kendor ini maka bila dipakai selain mengakibatkan slip juga dapat membuat tali kipas menjadi loncat dari jalurnya dan terlepas, bahkan terkadang tali kipas atau fanbelt ini akan tercacah dan hancur.

Nah jika sudah demikian maka kalian mau tidak mau harus menepikan kendaraan dijalan dan memanggl layanan keliling untuk melakukan penggantian. Jika kalian memaksakan menjalankan mobil dengan kondisi tanpa tali kipas maka bisa semua komponen yang berkaitan dengannya maka akan ikuta mengalami kerusakan.

Demikianlah pembahasan mengenai Inilah Akibat Jika Tali Kipas Kendor & Tidak Segera Diganti Baru semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Inilah Akibat Jika Tali Kipas Kendor & Tidak Segera Diganti Baru | Rojali | 4.5
Shares